Tahun Kabisat

29Feb08

Adalah tahun yang memiliki jumlah hari 366, instead of 365. Satu hari tambahan itu adalah tgl 29 Februari yang jatuh pada hari ini.

Nah, coba dihitung-hitung, dari semua tahun yang tertera di bawah ini, mana saja yang tahun kabisat dan mana yang bukan, 1000, 1100, 1200, 1300, 1400, 1500, 1600, 1700, 1800, 1900, 2000?

Eits, dilarang googling, ngwiki, nyontek bawah, tanya teman atau apapun. Pokoknya jawaban yang diberikan harus murni berasal dari kepala masing-masing.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

Yak, dan jawabannya yang tahun kabisat hanya 1200, 1600, 2000.

Pasti banyak yang menjawab semuanya adalah tahun kabisat soalnya jawaban gw sebelum ngwiki juga begitu he3x. Yang gw tahu, semua tahun yang habis dibagi 4 adalah kabisat. Ketika guru SD gw menjelaskan tentang tahun kabisat, beliau bercanda tentang orang yang lahirnya 29 Februari ultahnya 4 tahun sekali. Dan itu yang terus gw percayai sampai beberapa jam yang lalu.

Ternyata untuk mengecek suatu tahun kabisat atau bukan, tidak bisa semata-mata habis dibagi 4. Tahun harus dibagi dulu dengan 100. Jika tidak ada sisa, dibagi dengan 400. Jika dibagi 400 habis maka dia adalah tahun kabisat. Jika tidak habis maka bukan tahun kabisat. Jika tahun tidak habis dibagi 100 namun habis dibagi 4, maka dikategorikan sebagai tahun kabisat. Atau pseudocodenya seperti ini,

If x mod 100 = 0 Then
  If x mod 400 = 0 Then “Kabisat”
  Else “Not Kabisat”
Else If x mod 4 = 0 Then “Kabisat”
Else “Not Kabisat” ,

dimana x adalah tahun yang ingin dicek ke-kabisat-annya.

Pas tahu ini (which is beberapa jam yang lalu -.-“), gw merasa perhitungannya aneh. Kenapa kalau habis dibagi 100 perlu ada syarat habis dibagi 400? Padahal cukup memenuhi syarat habis dibagi 4 sudah masuk kabisat. Dan setiap tahun yang habis dibagi 100 pasti habis dibagi 4, jadi agak kurang masuk di akal.

Ternyata begini penjelasannya.

Sejak tahun 46 sebelum Masehi, penanggalan yang digunakan adalah penanggalan Julian yang hitungan tahunnya berdasar pada perputaran bumi terhadap matahari. Ketika bumi berhasil mengelilingi matahari selama 1 kali, maka 1 tahun telah genap. Tahun ini terdiri dari bulan dan bulan terdiri dari hari. Ketika bumi berhasil berotasi selama 1 kali, maka 1 hari telah genap. Ternyata ketika bumi mengelilingi matahari selama 1 kali, rotasi tidak genap terjadi selama 365 kali, namun 365 kali lebih. Kelebihan ini jika dikonversi ke dalam satuan yang lebih kecil menjadi 5 jam 48 menit 46 detik. Artinya setiap tahun ada kelebihan rotasi sebanyak 5 jam 48 menit 46 detik.

Setelah 4 tahun, rotasi kelebihan ini mencapai hampir 24 jam. Oleh sebab itu setiap 4 tahun sekali, penanggalan kita bertambah 1 hari. Tapi ternyata, jumlah kelebihan itu tidak tepat 24 jam, namun hanya 23 jam 15 menit 4 detik (4 * 5j 48m 46d). Artinya setiap 4 tahun, penanggalan terlalu cepat 44 menit 56 detik atau rotasi bumi lebih lambat 44 menit 56 detik daripada penanggalan.

Oleh sebab itu pada tahun 1582, Paus Gregorius XIII memperkenalkan penanggalan Gregorian yang merupakan modifikasi dari penanggalan Julian. Modifikasi yang dilakukan adalah mengenai tahun kabisat. Tahun yang habis dibagi 100, namun tidak habis dibagi 400 tidak mendapat penambahan hari. Ini berarti dalam 400 tahun hanya terdapat 97 tahun kabisat, bukannya 100, karena 3 tahun kabisat tidak memenuhi persyaratan.

Dalam 97 kali tahun kabisat, penanggalan terlalu cepat 72 jam 38 menit 32 detik (97 * 44m 56d). 72 jam sama dengan 3 hari pada penanggalan. 3 hari ini merupakan pengganti atas 3 hari dari 3 tahun kabisat yang dicabut ke-kabisat-annya. Dengan perhitungan seperti ini, akurasi penanggalan terhadap perputaran bumi menjadi lebih baik.

Namun, sebenarnya masih terdapat selisih 38 menit 32 detik, ditambahkan dengan selisih karena 72 jam digunakan sebagai pengganti atas 3 hari dari 3 tahun kabisat yang dicabut ke-kabisat-annya. Lebih jelasnya begini.

3 hari dari 3 tahun kabisat yang dicabut ke-kabisat-annya, menurut perhitungan penanggalan berdurasi sebanyak 72 jam (1 hari = 24 jam). Ini sama dengan penambahan 3 hari pada 3 tahun kabisat secara perlahan-lahan selama 97 tahun kabisat. Padahal penambahan 1 hari pada tahun kabisat berdampak pada penanggalan yang lebih cepat 44 menit 56 detik (lihat 3 paragraf di atas) dari rotasi bumi. Jika ditotal, penanggalan menjadi lebih cepat 2 jam 53 menit 10 detik yang diperoleh dari 38 menit 32 detik + (3 * 44m 56d). Akibatnya setiap 400 tahun, penanggalan lebih cepat 2 jam 53 menit 10 detik dari rotasi bumi.

Jadi, (ntah) setiap berapa ribu tahun sekali, ketika akumulasi penanggalan yang terlalu cepat mencapai 1 hari, akan diadakan penyesuaian dengan menghilangkan 1 hari. Dengan demikian, akurasi dapat lebih terjaga.

Akhir kata, selamat bertahun kabisat :D

Bahan bacaan:

  1. http://id.wikipedia.org/Wiki/Tahun_Kabisat
  2. http://id.wikipedia.org/Wiki/Tahun_Syamsiah
  3. Dictionary Version 1.0.1; 2005 Apple Computer, Inc.

About these ads


27 Responses to “Tahun Kabisat”

  1. Kalau baca buku-buku sejarah sebelum masa Paus Gregorian… pasti bingung.
    Misalnya, aku pernah baca buku The Late Antiquity and Early Islam… dan masalah penanggalan adalah masalah paling membingungkan. Setidaknya ada 4 jenis penanggalan

    1. penanggalan Islam (Hijriyah)
    2. penanggalan Masehi pra-Gregorian
    3. penanggalan versi baru (Common Era)
    4. penanggalan berdasarkan masa Alexander Agung

    Lah kemaren baca tahun kabisat aja bingung dulu, agak lama baru mudeng he3x.
    Ada lagi penanggalan Cina yang menggunakan perhitungan bulan dan matahari.

  2. *masih bingung, mulai baca dari awal lagi*

    bingung sebelah mana bos? :D

  3. *baca lagi bareng delon..*

    hmmm.. *ngangguk2*

    hmm juga.. :P

  4. hehe, gw adalah termasuk golongan orang2 yang sedikit itu… :P gw udah ngerjain problem yang sama waktu masih di pusilkom dulu..

    Beberapa gw tanyain dan tahu, pada tahunya dari tugas kuliah atau proyek. Sepertinya belum ada SD yang ngajarin perhitungan Gregorian yaa he3x.

    dan btw, perhitungan yang dulu gw buat beberapa abad yang lalu kurang akurat sih, tapi sekarang udah ada perhitungan yang lebih baik khan? :D

    Bah, hobi kali kau catut nama orang, dari anaknya Lennon sampai Caesar.

  5. betul, adhita juga risetnya dapet dari Julian ituh… gue juga ngga ngeh awalnya ada mod100 mod400 segala..

    Erm.. which julian? :P

    well… jendela ilmu pengetahuan memang lebarrr sekali..
    hehehehe, jadi juga lo post syn, gmana tentang kelebihan itung2an lo tuh?

    Emang itungannya gak genap, tepatnya ada kekurangan yang gw tulis di paragraf akhir itu. Jadi dalam berapa ribu tahun, bakalan ada penghilangan 1 hari.

  6. Misalnya elo lahir pada tanggal 29 februari tahun 1980 trus hari ini ditanya umur lo berapa, lo bakal jawab apa?

    28 tahun kurang sedikit :mrgreen:

  7. baru tahu ternyata ada hitung2an seperti itu. sebenarnya sih belum ngerti bener. tapi ya okelah… menambah wawasan.

    Sami mawon, saya senang bisa nyumbang wawasan :D

  8. Semua pada tahu dari tugas kuliah atau project?
    Berarti gue lain sendiri yah?
    Gue tahu gara-gara ada sebuah kisah detektif tentang pelarian dari penjara yang gagal gara-gara masalah kabisat. Trus dulu juga pernah dibahas di Majalah Bobo. Lalu di cerita kelahirannya Isaac Newton juga dibahas karena saat itu Inggris masih menggunakan penanggalan lama.

    Ohya, tahun bulan dan matahari itu sebenarnya sangat umum. Tahunnya Yahudi juga seperti itu. Tahun Islam dahulu juga seperti itu, tetapi akhirnya ditetapkan hanya 12 bulan karena penetapan bulan ke-13 selalu menimbulkan masalah dan seringkali disalahgunakan. Tahun viking setahuku juga menggunakan kombinasi bulan dan matahari.

    Hmmm… ada gak hubungannya angka 13 dengan bulan? Jadi ingat film 13th Warrior… hihihi

    Wow, ingetan elu emang hebat. Gw dulu juga doyan baca bobo, tapi udah gak apa yang dibaca :P
    13th Warrior, one of my favorite movie. Sayang, (di mangdu) gak pernah nemu DVD-nya :|

  9. 9 darmaahmad

    sebelumnya met kenal dulu…….
    tp menurut saya perhitungan penanggalan yang paling tepat dan akurat adalah perhitungan pengagalan kelender sunda.

    Met kenal juga :D

    Boleh di-share Mas di blognya. Buat blog di wordpress gampang loh, tinggal ke http://id.wordpress.com/signup/, isi-isi, submit, trus jadi deh :mrgreen:

  10. jadi umur gw berapa ya sekarang :-?

    Pokoke udah cukup untuk membina rumah tangga deh :lol:

  11. 11 Step

    hmm.. AFAIK penambahan 1 hari setiap 4 th itu disebabkan karena waktu revolusi bumi terhadap matahari yg jumlahnya engga genap persis 365 hari, melainkan 365,25 hari, jadi setiap 4 th selalu digenapkan 1 hari :) hehehe

    niwei.. very good post!
    bisa buat nambah wawasan..

    Makasih :D

  12. btw biar gampang, kenapa ga pas tahun kabisat ke 97 itu tgl 29 februarynya dibuat hanya 24 jam – (38 menit 32 detik). Bedanya ga nyampe sejam ini :P

    tapi sistem komputer yang ada di seluruh dunia harus ngehandle ini, jgn jadi kayak Y2K :P

    Itu perhitungannya udah gw perbaiki. Sebenarnya selisihnya bukan 38 menit 32 detik, tapi lebih dari itu. Pada perhitungan di atas, diambil 72 jam sebagai perhitungan atas 3 hari dari 3 tahun yang dicabut ke-kabisat-annya. Padahal setiap penambahan 1 hari pada tahun kabisat, penanggalan menjadi terlalu cepat 44 menit 56 detik. Nah selisih ini harus ditambahkan, jadi total selisihnya menjadi 38 menit 32 detik + (3 * 44m 56d) menjadi 2 jam 53 menit 10 detik.

  13. weleh ini jadi kek perhitungan ramalan2 astronomi, perbintangan, metafisika, matematika, biologi, geografi, sejarah, ppkn sih *???!*

    buka saingan mama lauren syn, pake nama mama edel…

    *hmmm… dipikir2 namanya cukup komersil juga tuh* hehehe :P

    -ngeloyor-oot

    Ha3x, bisa aja Jo. Ini perhitungannya murni matematik aja, gak ada unsur magisnya :mrgreen:

  14. salam kenal aja mas dari aku,,,:) :)

  15. 16 Setio

    Aku coba di excel 2007. Di cell a1 aku ketik 2/28/2000. Di cell A2 aku ketik =A1+1.
    Nilai cell A2 2/29/2000. Tahun 2000 tahun kabisat jadi ada tgl 29 pebruari.
    Namun waktu aku ganti cell A2 menjadi 2/28/1900, kenapa nilai cell A2 2/29/1900 seolah-olah tahun 1900 tahun kabisat? :(

  16. hmm, tahn 2100 n 2200 kabisat bukan???

  17. barusan nyobain
    tapi kok cuma ampe tahun 2100 yah
    ampe situ jadinya error
    kenapa yah

  18. Thanks mbak,..aku kelas 6 jadi tau …gambarannya

  19. 20 Wanda

    bisa nanya nggak ??
    klo bisa , , bleh tanya apakah 2004 termasuk tahun kabisat ??

  20. 21 Wanda

    :D :D

  21. wah.. :O berarti 1996 bukan tahun kabisat dong? kan ga habis dibagi 100 ataupun 400…
    tapi kenapa penanggalan pada bulan Februari ada 29 hari? *ra mudeng aku*
    hhehe :D

  22. Waduh… agak mabuk cerna penjelasannya :)

  23. 24 kikuk

    wah2, si kabisat ini hebat juga ya…jangan ini bisa itung togel juga… :)

  24. Right now it seems like Drupal is the preferred blogging platform available right now.
    (from what I’ve read) Is that what you’re using
    on your blog?

  25. Setiap kali beli kalender ndak ada tuh tulisannya tahun kabisat.. hihi..

  26. Dimana saya bisa beli kalender yang udah ada info kabisatnya


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: