Nasi Uduk Ibu

24Nov07

Kata mami, sarapan adalah makanan yang paling penting karena merupakan pengasup gizi paling dini bagi tubuh yang akan dipakai beraktifitas seharian. Oleh sebab itu, mami adalah orang yang paling cerewet mengenai sarapan. Anak-anaknya dilarang meninggalkan rumah kalau belum sarapan, kecuali memang berniat sarapan di luar rumah.

Saya sendiri bukanlah seorang penikmat sarapan. Nafsu makan pada pagi hari biasanya tidak ada, tapi nafsu nonton atau baca sangat besar sehingga saya lebih sering sarapan filem atau buku daripada makanan he3x.

Namun begitu, ada satu makanan yang selalu dapat menimbulkan selera makan yaitu nasi uduk. Nasi uduk ini bukan nasi uduk biasa tapi nasi uduk yang super nikmat. Isinya hanya terdiri dari tempe kecil-kecil, bihun goreng, krupuk, sambal kacang, dan nasi uduk tentunya. Harganya hanya 2 ribu rupiah saja saudara-saudara, namun rasanya sungguh mak nyuSs!

Nasi Uduk

Saya dan kakak adalah penggemar berat nasi uduk ibu, demikian kami menyebutnya karena penjualnya adalah seorang Ibu. Kami sudah menikmatinya sejak saya duduk di bangku Sekolah Dasar. Sampai saat ini, kedudukannya sebagai menu sarapan favorit tidak pernah tergantikan.

Setiap pulang ke Jakarta, saya selalu minta dibelikan nasi uduk ibu. Kakak saya yang sudah tinggal di luar negri selama 12 tahun pun selalu minta dibelikan nasi uduk ibu jika sedang pulang ke Indonesia. Namun terakhir kali saya pulang, sang Ibu seringkali tidak berjualan. Kata mami, Ibu sekarang sudah beranjak tua dan sakit-sakitan. Rambutnya sudah ubanan dan giginya sudah banyak yang ompong.

Saya jadi sedih.. Saya tidak pernah bertemu langsung dengan beliau yang racikan makanannya telah memberkati tubuh saya selama bertahun-tahun. Saya hanya bisa berdoa, semoga Ibu diberikan kesehatan yang baik dan diberkati kehidupannya seperti Ibu yang telah memberkati kehidupan banyak orang dengan nasi uduknya yang sederhana.



11 Responses to “Nasi Uduk Ibu”

  1. Bo, kebetulan banget, gue ngantor *or say.. lembur* hari ini dan dibawain ama adhita sebungkus nasi uduk pasar…

    Nyama2in gw aja lu may, hari sabtu kerja ha3x.

    Huaaaah… emang ngga ada yang ngalahin tu sarapan…

    Murah, irit, kenyang… nyaa nyaa nyaa…

    by the way, dokter gue bilang gue kudu nambah sekilo sebelum gue ketemu ama dia lagi next week.. sinting ngga sih??? gue mentok di 40 sumtin dah been years gini…

    Minum susu sebelom tidur May, trus makan yang teratur dan tepat waktu, 1 hari 3 kali. Gw aja naek 5 kg dalam waktu 2 bulan.

  2. kirimin satu ke sini dong.. *kangen*

    Belajar masak aja Iang🙂

  3. may.. sini2 transfer lemak aja.. lo punya bluetooth gak?
    iang cari cewe indo dong disono, trus minta bikinin =P

    duh siang2 ngomongin makanan.. laper..

    Cewek Indo gak jaminan lagi. Liat aja dari elu, Maya, sama gw, jamin 1000% gak ada yang bisa masak ha3x *calon ibu rumah tangga yang meragukan😛 *

  4. 4 pomponette

    nasi uduk….nasi alooo…buhuuuuu… :((

    Uhhh, nasi alo barel gw juga kangen berat *kelenjar ludah mulai memproduksi banyak saliva* Maren harusnya bisa makan tuh, secara ada segelintir oknum yang ngeburu-buruin gw, akhirnya gak jadi deh😦

  5. 5 mahli

    minta 1 juga, syn

    Bolhe bolhe, asal taripnya cocok. Perincian tarip:
    1. Tiket pesawat Batam-Jakarta-Lisboa-Jakarta-Batam
    2. Ongkos taksi PP kos-Hang Nadim
    3. Ongkos taksi PP SH-rumah
    4. Nasi uduk -> gw ikhlasin aja deh🙂

  6. 6 cardepus

    Wah…………mau…………… minta juga dong….kirimin yang banyak yah😀

    Idem sama Mahli, taripnya elu tanggung berdua aja he:P
    *ngidam pengin ke sono*

  7. nasi uduk ya? humm.. boleh tuh dicoba.. sambel goreng kentang akan gw coba bikin besok😀

    Ganbatte!😀

    yg bikin males tu makanan indonesia rata-rata tersusun dari banyak macem makanan. cape deh kalo musti bikin satu2 tapi cuma tuk sekali makan. nasi uduk yg lo tujukin gambarnya aja ada nasi uduk, sambel goreng kentang, bihun goreng, tumis sayuran, dan perkedel.

    Betul betul. Btw, undang temen-temen dari negara laen aja Iang biar gak mubazir dan makannya jadi seru rame-rame gitu😀

  8. hah gw kangen masakan2 murah…….

    Telurusi pasar-pasar tradisional, dijamin elu akan menemukan makanan-makanan murah😀

  9. 9 mahli

    kemahalan tu syn. gw gak sejauh itu😛

  10. @ilham: gak sampe lisboa tapi sampe dresden aje ye?

    @syn: rata2 pada gak suka pedes nih syn.. susah juga ngajak2.. wakakakka.. gw pernah ngadain *dinner* pake gado-gado😀

  11. Anak-anakku juga suka nasi uduk, yang dijual di depan SD inpres (sekolahnya dia). Berhubung pindah rumah, sekarang ga bisa beli lagi nasi uduk tadi, sebetulnya sederhana tapi murah meriah.

    Iya , sejak kanak-kanak saya diharuskan sarapan, begitu juga yang didengung2kan ke anak-anak ku, karena biar oksigen cukup dan di sekolah ga ngantuk. Kalau zaman saya dulu, sarapannya nasi pecel, mbok bakulnya selalu lewat depan rumah…murah, enak, collesterol rendah…wahh jadi kangen…

    Masakan tradisional memang mantabh ya Bu😀


Leave a Reply

